Sunday, September 19, 2021
   
Text Size
Login

Site Search

OUR PRODUCT

C

Civet coffe adalah salah satu jenis kopi yang paling fenomenal dan dicari di seluruh dunia, karena rasanya yang nikmat, harganya juga terbilang mahal jika dibandingkan dengan kopi biasa lainnya. Civet cofee produksinya di indonesia ada di berbagai wilayah, dan salah satu yang produksinya paling tinggi yaitu provinsi jawa timur, karena jawa timur memang pengasil terbesar untuk bahan baku kopinya sendiri. Bagi masyarakat sekitar kopi bukan sekedar tanaman penopang ekonomi saja melainkan  budaya dan warisan dari para leluhur dari semasa kolonial sejak abad ke 19. Daerah penghasil kopi di jawa timur adalah kab. malang hingga pesisir Barat. Kopi menjadi penghasil APBD utama bagi Kab. Malang. Provinsi Jawa Timur bila dilihat dari peta, lokasinya berada di paling Timur Pulau Jawa. Kondisi geografis Provinsi Jawa Timur dikelilingi barisan bukit menjadikan daerahnya subur dan kaya akan hasil perkebunan. Dataran tinggi kab. Malang  merupakan daerah penghasil biji kopi utama di propinsi jawa timur yang sangat terkenal akan kualitas biji kopi nya.

Civet coffe sendiri adalah kopi yang sebelumnya diproses di dalam perut binatang luwak/musang. Berikut adalah Garis Besar Pengolahan Kopi Luwak. Adapun tahapan proses untuk mendapatkan civet coffee yang berkualitas pada PT. Kopi Luwak Bersahaja adalah sebagai berikut:

1. Persiapan pemberian pakan Biji Kopi Merah (Sortir tahap 1)

Biji kopi berkualitas ini akan dipetik khusus untuk yang berwarna merah saja dan benar-benar segar, yang selanjutnya akan di sortir untuk memisahkan buah kopi yang busuk dengan cara melakukan perendaman, biji kopi yang baik akan tenggelam di dalam air, sementara yang busuk akan mengapung.

2. Pemberian Pakan

Buah kopi merah yang telah disortir dengan cara perendaman selanjutnya dibagikan kedalam wadah untuk diberikan kepada musang / luwak, dalam hal ini, peternakan di PT. Kopi Luwak Bersahaja menggunakan musang / luwak jenis binturong dan bulan yang mana dari beberapa jenis musang yang ada, hanya kedua jenis ini yang merupakan pemakan kopi.
Dalam Proses ini, musang / Luwak sangat berperan penting dimana indra penciuman akan digunakan dalam mensortir buah kopi dengan tingkat kematangan sempurna yang mana musang / luwak ini menyukai rasa manis dari buah kopi yang benar-benar matang.
Biji kopi yang benar-benar tertelan selanjutnya mengalami proses fermentasi didalam lambung musang yang selanjutnya akan dikeluarkan kembali bersama dengan kotoran (kopi luwak)

3. Pemanenan kopi luwak dan penjemuran

Setelah dilakukan pemanenan, terdapat dua pilihan dalam menghasilkan biji kopi kering yakni dengan menjemur langsung kotoran luwak (kopi luwak basah) tersebut langsung untuk menghasilkan kotoran kering kopi luwak (raw beans) atau dengan dilakukan pencucian terlebih dahulu untuk mensucikan kopi tersebut sesuai anjuran MUI untuk kemudian diijemur dan menghasilkan gabah kopi luwak.

(untuk penyucian dengan metode penjemuran langsung untuk menghasilkan raw beans akan dijelaskan kemudian)

4. Penggilingan dan pemilihan biji kopi luwak (sortir tahap 2)

Setelah dilakukan proses pengeringan yang kemudian dihasilkan product raw beans atau gabah kopi luwak, proses selanjutnya adalah penggilingan, kemudian setelah selesai di giling, biji kopi luwak akan dipilih dan disortir untuk memisahkan biji kopi utuh dan pecah akibat penggilingan ataupun pembusukan biji kopi pada waktu pengeringan, proses sortir ini dilakukan secara manual untuk menghasilkan biji kopi siap goreng yang berkualitas (greenbeans)

5. Luwak Peaberry, biji kopi terlangka didunia (sortir tahap 3)

Apakah anda tahu biji kopi yang paling langka? Ya luwak peaberry atau biasa disebut kopi lanang dalam bahasa jawa, mengapa langka? Selain biji kopi ini berasal dari biji kopi luwak yang dalam pembuatannya memerlukan proses panjang dengan jumlah terbatas, luwak peaberry ini disortir secara manual untuk mendapatkan biji kopi tunggal dari ribuan butir biji kopi luwak yang telah kering, jumlah biji kopi ini sangat terbatas.

6. Penyucian - penggorengan biji kopi luwak (Roasting)

Bagi umat muslim, kehalal-an adalah hal penting yang harus diperhatikan. Sebelumnya saya telah menyinggung mengenai penyucian yang dapat dilakukan dengan dua versi yakni penyucian dengan pencucian kotoran langsung seperti yang dijelaskan dalam pembuatan gabah kopi luwak.

Lalu bagaimana penyucian ini dilakukan jika proses pembuatan melalui proses pembuatan raw beans? Jawabnya adalah pencucian yang dilakukan sebanyak 7x yang salah satunya di campur tanah seperti tuntunan dalam syariat Islam sebelum dilakukan penggorengan (roasting).

Anda dapat memilih berbagai karakter penggorengan roasting sesuai selera anda dengan minimum order tertentu

7. Pembubukan Pengemasan

Proses pembubukan dapat dilakukan dengan cara manual menggunakan penumbuk yang dalam bahasa traditional di sebut lesung atau dilakukan dengan cara modern menggunakan alat, setelah diperoleh bubuk kopi luwak, selanjutnya akan dikemas dengan menggunakan aluminium foil, penggunaan kemasan dengan bahan aluminium foil dapat menjaga kesegaran kopi baik kualitas maupun aroma yang menjaga keawetan kopi tersebut dalam waktu yang relatif lama.

 

NPWP Perusahaan

Pendaftaran Online

Silahkan klik tombol dibawah ini untuk melakukan Pendaftaran secara Online

Web Translate

Indonesian Arabic English German Japanese Korean Russian Spanish

Hubungi Kami

WA: 0813 3538 1193

Download APK Kopiluwak

Paket Investasi

Pilihan Paket Investasi:

  • Paket 1 : Rp. 10.000.000
  • Paket 2 : Rp. 25.000.000
  • Paket 3 : Rp. 50.000.000
  • Paket 4 : Rp. 100.000.000
  • Paket 5 : Rp. 200.000.000

Surat Perjanian

Silahkan Download Surat Perjanjian Kerjasama:

Visitor Counter

Flag Counter
KONTAK INFO

Silahkan hubungi kami:

"PT. KOPI LUWAK BERSAHAJA"

Alamat: Desa Bringin RT 19 RW 08 Kec. Wajak, Kab. Malang Jawa Timur. Phone: 081335381193. Line: kopiluwakbersahaja